Minggu, 21 November 2010

Pangkak dan Uring Gasing

Pangkak dan Uring Gasing Berlangsung Seru

SALAH satu perlombaan tradisional yang ditampilkan dalam Festival Budaya Bumi Khatulistiwa adalah Lomba Pangkak dan Uring Gasing. Kegiatan ini dilaksanakan kemarin  di Halaman Kantor Balai Kajian Sejarah, Jalan Sutoyo. Peserta lomba diikuti Kabupaten Landak, Kota Pontianak, Sekadau, Singkawang, Kubu Raya, Ketapang dan Kabupaten Kapuas Hulu. Hujan yang menyirami Kota Pontianak tak menghalangi peserta lomba.

”Alhamdulillah, lapangan tidak tergenang air, seperti Jalan Sutoyo, sehingga pertandingan tetap terus dilaksanakan,” ujar Ikhsan,  koordinator lomba, saat ditemui di lapangan perlombaan. Peserta dibagi kedalam dua kelompok, yaitu kelompok Pangkak secara beregu, yang terdiri dari tiga orang untuk setiap regu, dan kelompok uri rindu secara perorangan. ”Pada saat perlombaan peserta diharuskan memakai pakaian adat daerah masing-masing, dan setiap peserta diwajibkan menyediakan atau membawa gasing sendiri. Bentuk gasing yang digunakan berukuran keliling badan maksimal 32 cm dan tinggi  gasing maksimal 10 cm,” ungkap Ikhsan.

Sistem pertandingan yang digunakan adalah gugur dan keputusan pemenang ditentukan oleh dewan juri. Untuk persyaran Uri Gasing, setiap peserta diwajibkan membawa semua perlengkapan yang dipergunakan dalam perlombaan seperti Gasing, Piring, Penyendok dan sebagainya. Berat gasing maksimal 4,5 ons dan akan dilakukan penimbangan sebelum tampil tanding. Besar gasing atau keliling badan gasing maksimal 35 cm, diukur dari badan gasing. Tidak dibenarkan mengisi gasing dengan benda logam atau yang sejenisnya. Gasing yang berhak mengikuti lomba adalah gasing yang telah diperiksa dan dinyatakan lolos seleksi oleh Panitia.

”Apabila ada gasing juara yang dicurigai, panitia berhak untuk memeriksa ulang, dan terbukti terjadi pelanggaran maka kejuaraanya dicabut, dan yang berhak mendapat juara adalah urutan pemenang dibawahnya secara berjenjang,” jelas Ikhsan.(wah)

sumber : http://disbudpar.kalbarprov.go.id/news/217-pangkak-dan-uring-gasing-.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Hansendesign